Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

World's Today

Rabu, 06 Januari 2010

Rupiah Masih Diburu





Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu (6/1/2010) pagi menguat hingga di bawah angka Rp 9.300 per dollar AS, karena pelaku pasar berlanjut memburu mata uang Indonesia, akibat masuknya dana asing ke pasar domestik.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar naik 42 poin dari Rp 9.298-Rp 9.308 per dollar menjadi Rp 9.340-Rp 9.350 per dollar.

Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk, Kostaman Thayib di Jakarta, Rabu mengatakan, para pelaku pasar makin aktif memburu rupiah, karena mereka yakin Indonesia masih merupakan pasar potensial yang memberikan keuntungan lebih baik. "Dengan penduduk yang mencapai 220 juta lebih merupakan pasar potensial yang harus digarap lebih jauh," ujarnya.

Kostaman mengatakan, para investor terutama dari Timur Tengah sangat berminat masuk ke Indonesia menggeluti bisnis syariah yang pasarnya masih besar. "Pasar uang maupun pasar saham Indonesia merupakan pasar di kawasan Asia yang lebih menarik dari pasar negara Asia lainnya," katanya.

Potensi ini, menurut dia merupakan peluang yang besar bagi Indonesia untuk terus memperbaiki diri memberikan kenyamanan untuk pelaku pasar khususnya asing agar mereka dapat menginvestasikan dananya dalam jangka panjang. "Kami optimis kondisi pasar seperti ini akan memicu rupiah menguat hingga mencapai angka Rp 9.000 per dollar," ucapnya.

Rupiah diperkirakan pada sore nanti akan terus mendekati angka Rp 9.200 per dollar, apabila minat pelaku pasar membeli rupiah terus meningkat. Apalagi saham-saham Wall Street dan bursa regional membaik akan memicu pelaku pasar makin aktif melakukan pembelian rupiah.
Sumber:Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar