Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

World's Today

Sabtu, 09 Januari 2010

Harga Gula Melonjak

Harga gula pasir di Kota Cimahi naik hingga 15 persen menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2010. Pemerintah Kota Cimahi akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan yang terus terjadi hingga pergantian tahun. Hal ini terungkap dalam kunjungan anggota DPRD Kota Cimahi ke Pasar Antri Baru dan Yogya Plaza Cimahi, Selasa (22/12).

Dalam kunjungan itu terungkap bahwa harga gula pasir merangkak naik dari Rp 9.500,00 menjadi Rp 11.000,00 per kilogram dalam tiga hari terakhir. Andri Gunawan, staf Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan, dan Pertanian Kota Cimahi mengatakan, kenaikan harga gula disebabkan oleh meningkatnya jumlah permintaan menjelang hari raya dan pergantian tahun.

"Gula juga kan barang impor, jadi harganya memang fluktuatif. Tapi, kalau dilihat dari grafik tahunan, biasanya harga kembali stabil setelah pergantian tahun," tuturnya di sela-sela kunjungan.Haia daging Selain gula pasir, kenaikan harga juga terjadi pada daging sapi hingga lima persen. Dalam seminggu terakhir, harga daging sapi merangkak naik dari Rp 55.000,00 menjadi Rp

58.000,00. Hal yang sama juga menimpa harga daging ayam, yang naik dari Rp 20.000,00 menjadi Rp 21.000,00. Beras juga mengalami kenaikan rata-rata Rp 200,00 bagi setiap jenis beras, karena saat ini para petani memasuki masa tanam.

"Akan tetapi, kalau kenaikan harga daging itu biasanya terjadi setiap tahun, dan tidak dipengaruhi oleh momentum hari raya atau akhir tahun," katanya.Menurut Andri, persediaan sembako di Kota Cimahi menjelang Natal dan Tahun Baru 2010 masih sangat mencukupi. Namun, mereka telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jabar untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan harga gula pasir yang terus meroket.

Ketua DPRD Kota Cimahi Ade Irawan yang memimpin kunjungan menyatakan akan menurunkan anggota Komisi II ke pasar-pasar tradisional dan modem setelah pergantian tahun, untuk kembali memeriksa harga sembako. Jika harga sembako masih di atas rata-rata, maka DPRD akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan, dan Pertanian untuk melihat apakah kenaikan harga ini terjadi di semua wilayah atau di sebagian wilayah Cimahi saja.

Ia berharap pedagang tak "nakal" dengan memanfaatkan momentum akhir tahun untuk menaikkan harga.


sumber : bataviase.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar