Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

World's Today

Selasa, 05 Januari 2010

Perbedaan Kemasan sebagai Diferensiasi Produk

DIFFERENSIASI adalah sebuah proses untuk membedakan diri, membedakan produk anda dari kerumunan produk serupa. Bagaimana caranya? Banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk melakukan differensiasi, misalnya dengan Mengubah Kemasan, Menambahkan Feature/Kemampuan Produk, Mereposisi produk (mengubah segment pasar yang anda pilih atau mempersempitnya) dan lain-lain. Sekarang kita lihat beberapa contoh kasus Differensiasi.

Anda pasti pernah dengar permen Blaster! Tepat sekali, permen yang dibuat belang-belang dengan iklan yang melibatkan sesuatu yang belang (Zebra, Wasit dll) untuk mengasosiasikannya dengan produknya. Ini adalah sebuah bentuk differensiasi. Ketika semua permen dianggap sama (selalu manis, bentuknya bulat kecil, dibungkus dengan plastic, dan lain-lain), Blaster membedakan dirinya. Jika semua permen dikumpulkan dan ditumpuk, termasuk Blaster, maka orang akan dengan mudah membedakan Blaster. Dari soal rasa? Saya bukan pecinta permen, tapi saya rasa semua permen pasti rasanya manis .

Sebuah Proses bisa menjadi differensiasi. Anda pasti tau air kemasan. Dipasaran dewasa ini sudah disesaki dengan berbagai macam merek air kemasan sebut saja AQUA, PRIMA, DUA TANG, EVIAN, Cleo, Aquaria dan banyak lagi yang tidak bisa disebut satu persatu. Celakanya, banyak orang yang sudah tidak bisa lagi membedakan kelebihan air kemasan A dengan air kemasan B dan lainnya. Air kemasan ya pasti rasanya tawar, ada lagi??? Bagaimana untuk menciptakan differensiasinya?

Beberapa dari produsen air kemasan telah mencoba untuk bermain-main dengan kemasan. COba perhatikan, diantara merek yang saya sebutkan tadi pasti ada merek yang gampang dikenali kalau anda lihat dari jarak yang cukup jauh. Warna botolnya cukup mencolok mata sehingga anda tidak mungkin salah membedakannya.

Tapi, itu mungkin tidak cukup menolong. Sebuah merek terkenal telah melakukan differensiasi dengan menceritakan KEUNGGULAN PROSES yang digunakan untuk menghasilkan produknya. Dikatakan air kemasan A diproses sebanyak sekian kali sehingga menghasilkan air kemasan yang berkualitas tinggi. Sebuah proses bisa menjadi ide differensiasi.

Dan banyak lagi contoh yang bisa ditampilkan untuk masalah Differensiasi. Tetapi, cukupkah Differensiasi saja? Mungkin belum. Seperti kata Kotler, ada 4 P yang berperan dalam suksesnya sebuah produk. Sebuah produk yang terdifferensiasi dengan baik, mungkin mudah dibedakan, tatapi jika tidak dikomunikasikan dengan baik (Promotion), tidak ditempatkan dengan baik (Place / distribusi yang baik sehingga mudah didapat), maka produk tersebut mungkin juga akan gagal. Tetapi satu hal selalu benar adalah: Differensiasi memungkinkan anda memberikan harga jual yang lebih tinggi dibandingkan produk-produk yang tidak terdifferensiasi. Inilah keuntungan dari differensiasi.



Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar